Blog, Web, Internet dan Bisnis Online

Cara Kembali ke Domain Blogspot Trafik Tidak Hilang


Bagi sobat yang berniat ingin kembali atau beralih dari domain docom ke blogspot baca dulu pengalaman saya dibawah ini supaya trafik diblog anda tidak hilang. Sebenarnya artikel ini sedikit aneh, kenapa? karena biasanya orang berkeinginan untuk mengganti domain blogspot ke dot com tapi ini malah mengganti dari dot com ke blogspot. Hal ini bisa saja terjadi pada sebagian orang, yang disebabkan karena beberapa hal, misalnya saja domain dot com atau disebut juga dengan custom domain mengalami masalah loading berat padahal sewaktu menggunakan domain blogspot lancar-lancar aja, halaman banyak yang error, iklan seperti adsense tidak mau tampil pada domain baru (custom domain), dan lain sebagainya.

Masalah loading berat dan sering error bisa saja terjadi karena ulah domain yang dibeli tidak bagus dan tidak terpercaya sehingga hasilnya kurang memuaskan. Sedangkan iklan adsense tidak mau tampil dikarenakan akun adsense masih hosted yang hanya bisa tampil pada domain blogspot dan youtube atau layanan google lainya dan tidak mau tampil pada domain dot com. Jikapun mengajukan permohonan agar iklan bisa tampil di domain dot com (custom domain) itupun juga sangat susah untuk dilakukan. Seperti saya waktu lalu yang sudah 5 kali ditolak mentah-mentah oleh GA dan pada akhirnya memutuskan untuk back to blogspot.


Dari beberapa permasalahan di atas sehingga anda telah memantapkan niat untuk kembali ke blogspot. Mungkin sobat sedikit bertanya,"jika ane kembali ke blogspot apa pengujung tidak hilang ya? karena blog ane yang dot com ini kan sudah ramai pengunjungnya dan sudah terindex google. Dan jika pengunjung menemukan blog ane di google atau tempat lain tentunya akan terjadi error karena ane tidak pake dot com lagi." Kira-kira mungkin seperti itu pertanyaan yang timbul dari dalam hati sobat. Pertanyaan tersebut sama dengan apa yang saya tanya waktu lalu di google. Tapi saya tidak menemukan jawabanya, yang ada hanya cara mudah kembali ke blogspot tapi trafik akan hilang tanpa solusi yang tepat. Setelah 2 hari saya berfikir akhirnya saya mendapat ide. Seperti apa idenya? Berikut ulasanya.

Beberapa ide yang saya temukan adalah Pertama coba pindahkan dulu ke domain blogspot dengan cara login ke Blogger -> Settingan, lalu hapus custom domain hanya dengan menekan tanda x disebelah kanan nama domain dan domain sudah resmi kembali ke blogspot. Kedua supaya trafik tidak hilang lakukan pengalihan, untuk caranya simak cerita berikut. 

Karena saya berlangganan domain pada situs Idwebhost dan pernah chatting dengan customernya pada saat menanyakan masalah saat membeli domain, permasalahanya saya tidak memasukkan angka unik saat melakukan transfer sehingga saya khawatir tidak mendapatkan domain yang dipesan. Akhirnya saya membuka halaman Idwebhost disana ada halaman fitur untuk chatt dengan customernya. Lalu saya mencobanya, "Halo!"begitu sapaanku. Lalu mereka menjawab,"Halo! ada yang bisa kami bantu?" dan selanjutnya saya menanyakan permasalahan yang ada. Dengan senang hati mereka membantu untuk mengatasinya dengan segera. Responya begitu cepat sehingga saya sangat puas dengan pelayananya. Akhirnya permasalahan pembelian domain teratasi saat itu. 

Nah..dari peristiwa tersebut akhirnya saya terfikir juga untuk menanyakan sekaligus minta bantu tentang pengalihan saat kita telah berada pada domain blogspot. Mereka menjawab bisa tapi saya disuruh setting sendiri dengan mengikuti panduanya. Tapi saya takut salah kalau setting sendiri, sehingga saya minta bantu saja untuk setting sama customer itu. Lalu ditanya 4 digit angka terakhir kata sandi login Idwebhost, setelah saya berikan disuruh tunggu sebentar. Tidak lama kemudian, "pengalihan anda telah berhasil mohon tunggu propogasinya selama 7-8 jam" begitu balasan dari customer tersebut. Tidak sampai 3 jam setelah itu akhirnya saya coba akses domain dot com dan ternyata berhasil dialihkan ke blogspot tanpa ada error 401 atau segala macamnya.

Akhirnya saya kembali pada domain blogspot dan bilang see you next time domain dot com. Dan kembali pasang iklan adsense, recehan dollar kembali mengalir ke akun adsense miliki saya. Tidak disangka ternyata trafik blog makin naik dan penghasilan adsense pun meningkat 100% dari sebelumnya. Nah.. itulah keputusanku untuk kembali ke blogspot karenatelah putus asa mengajukan permohonan upgrade ke akun non hosted. Sebenarnya bukan putus asa tapi saya ingin mencari cara lain agar bisa memiliki akun non hosted dengan membuat blog baru sebagus mungkin dengan domain dot com sehingga berharap lebih mudah untuk di approve nantinya. Demikianlah pegalama sewaktu kembali ke domain blogspot supaya trafik atau visitor tidak hilang. Bagi sobat yang mengalami hal yang sama semoga pengalaman ini bisa membantu.

Tag : Tips Blog
10 Komentar untuk "Cara Kembali ke Domain Blogspot Trafik Tidak Hilang"

Sama2. Terima kasih jg telah berkunjung :)

Makasih bnyak mas,saya pernah ceroboh bolak balik domain alhasil traffic juga ikutan ilang,baca ini jd lebih ngerti skrg

Oke sip gan. Semoga dengan informasi ini kita bisa mempertahankan trafic saat menggonta-ganti domain.

Saya juga punya pengalaman kembali lagi ke domain blogspot. Saya sudah setting sendiri dan minta customer service untuk ngecek apakah udah benar belum pengaturannya. Sudah 5 jam lebih, belum ada perubahan. Akhirnya saya bikin blogspot baru, dan ganti alamatnya dengan com saya. Lalu di html-nya saya taruh script untuk mengarahkan domain itu ke blogspot saya. Cepat, saat itu juga langsung terarahkan. Kenapa saya ingin kembali, soalnya dulu saat masih blogcepot, penghasilan saya sebentar lagi akan bisa payout tiap bulan pakai blog itu. Setelah ganti, penghasilannya menurun drastis. Saya sudah berusaha cari ke sana kemari penyebabnya. Ada yang bilang CTR jadi rendah karena pakai domain com. Ada yang bilang, sengaja direndahin Adsense karena sebagai pemotongan atas penggunaan blogspot sebagai hosting. Ada yang bilang memang lagi musim ctr rendah. Saya tunggu sampai berbulan2 dan traffic terus naik. Tapi ngga ada perubahan. Saya pindah migrasi ke wordpress self hosting. Ada perubahan, penghasilan sedikit meningkat. Tapi, ternyata, blog bahasa Indonesia membutuhkan traffic yang benar2 besar karena cpc kecil. Bayar hostingnya ngga kuat, ngga sebanding dengan penghasilannya. Akhirnya memutuskan balik lagi, deh.

Sya jga iya gan...sya kemarin lagi menghapus lit dot com di dasboard blogger,dan kembali ke blogspot dot com..akhirnya visitor langsung 0. Dan di link dot com nya kesalahan eror 404..akhirnya minta bantuan cs penyedia domain...o ya, ada hal yg harus di rubah di dasboar blogger ga ya?? Misalkan domain sudah habis masa berlakunya,lalu ada seting lagi ga ya??

Sepertinya sudah tidak work gan,, saya barusan menghubungi customer servis Idwebhost,, jawabannya mutar-mutar gan..

blog saya anjlog secara mengerikan seteleh saya kembalikan ke blogspot, tadinya pada saat menggunakan domain dot com traffic bisa mencapai 4 ribuan, sekarang tinggal 70 an. hadeuh.....

Sama nih gan tadi planing buat balik keblogspot. Tapi mutar mutar jawabnya.. Padahal minta solusi agar dot com bisa redirect ke blogspot

Back To Top