Blog, Web, Internet dan Bisnis Online

Cara Mendaftarkan Blog ke DMCA Pelindung Hak Cipta Sebuah Blog


Selamat siang sobat semua, lagi pada cari tutorial cara mendaftar DMCA ya? kebetulan nyasar ke blog ini, hehe. Dalam blog tutorial ini saya akan menuliskan tutorial bagaimana cara mendaftarkan blog kita ke DMCA atau pelindung hak cipta sebuah blog. Sebenarnya tutorial ini sudah banyak ditulis pada blog lain tapi karena blog ini adalah blog tutorial, kurang lengkap rasanya kalau tidak ada postingan tentang "cara mendaftarkan blog ke DMCA atau hak cipta sebuah blog". Mendaftarkan blog ke DMCA tujuanya agar blog kita tidak di copas orang lain. Sobat tahu kan copas itu berbahaya bagi blog, baik blog sendiri maupun blog yang dicopas. Bisa-bisa pada akhirnya blog kena banned. Semoga saja tidak terjadi hal demikian, kita semua berharap agar semua blog tetap abadi didunia maya selamanya dengan artikel orisinil yang dimiliki.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah pendaftaran, perlu diketahui dulu apa itu  dmca. DMCA adalah singkatan dari "Digital Millenium Copyright Act" yang maksudnya adalah sebuah situs yang berfungsi untuk mencegah pencurian konten sebuah blog atau website. Jadi, jika ada orang yang seenaknya melakukan copy paste terhadap isi blog maka kita dengan mudah bisa melaporkannya ke DMCA sehingga blog tersebut akan menaggung akibatnya. Sekarang silahkan simak langkah - langkah dibawah ini untuk melakukanya.

Langkah-Langkah Mendaftarkan Blog ke DMCA atau Hak Cipta Sebuah Blog

1. Buka situs DMCA berikut linknya: http://www.dmca.com/ 
2. Klik SIGNUP pada bagian kanan atas. Dan pilih Get a FREE Badge
3. Pilih salah satu Badge atau lambang yang diinginkan.
4. Lalu isi formulir "Register Your Badge".
- First Name = Nama Depan
- Last Name = Nama Belakang
- Email Address = Isikan email sobat, nanti digunakan untuk mengambil password yang dikirim oleh DMCA.
5. Setelah itu klik SIGNUP.
6. Pilih Badge atau lambang yang diinginkan dan copy script disebelahnya.


7. Buka blog sobat dan masuk ke Tata Letak - Tambahkan Gadget - Paste Script tadi dan Save.
Selesai sekarang blog sobat sudah terdaftar ke DMCA. Dan tunggu sampai blog sobat diroteksi oleh DMCA.

Untuk menambahkan blog lain, tinggal login ke DMCA. Lihat password di email sobat.  Setelah berhasil login klik Add Badges to your site untuk menambahkan blog lain. Lakukan langkah 6 dan 7 kembali.


Untuk melihat status proteksi sudah aktif atau belumnya bisa klik badge atau lambang "DMCA PROTECTED" pada blog sobat. Lalu jika ada tulisan seperti "Account Status = Non-Verified" menandakan kita pengguna free jadi tidak ada masalah karena blog masih tetap terproteksi seperti biasanya. Hanya saja kita tidak bisa mendapatkan fitur lainya, beda dengan yang berbayar. DMCA adalah hanya untuk memproteksi jadi jika suatu saat anda menemukan konten anda diambil orang lain maka dengan mudah bisa melaporkannya ke DMCA.

Marah tidak apabila blog kita di copy paste oleh orang lain seakan-akan itu adalah karyanya sendiri. Padahal kita telah bersusah payah mengeluarkan ide dan pemikiran untuk membuat sebuah konten. Walaupun konten tersebut semua tidak hasil pemikiran kita tapi itu dibuat dengan tangan tangan sendiri dan juga bahasa sendiri. Untuk itu perlu mencegah blog dari perbuatan orang yang suka copy paste atau yang dikatakan tidak kreatif.

Ok. Saya rasa cukupkan itu dulu tutorial tentang Cara Mendaftarkan Blog ke DMCA atau Hak Cipta Sebuah Blog. Semoga blog kita semua aman dari blogger yang sukanya copy paste.

Tag : Tips Blog
6 Komentar untuk "Cara Mendaftarkan Blog ke DMCA Pelindung Hak Cipta Sebuah Blog"

Saya coba pasang ko statusnya unavailable yah

Artikel nuya bermanfaat brother, sudah saya terapkan di blog milik saya. :)

klo pembuat template ? untuk melindungi template blogger misalnya mas

mas , kalo diklik dmca nya ada tulisan "ERROR: HTTPS Validation Required" pada page title gmn tuh?

Back To Top