Blog, Web, Internet dan Bisnis Online

Kini Blogspot Berubah Menjadi .co.id Cara Mengatasinya


Berubahnya domain blogspot menjadi dot co dot id membuat heboh seluruh blogger Indonesia khususnya yang mempunyai blog dengan platform blogspot dan iklan jenis hosted termasuk saya sendiri. Akibatnya iklan adsense hosted tidak dapat tampil pada domain baru ini. Sedangkan iklan adsense non hosted tetap dapat tampil seperti biasanya. Alasan mengapa berubahnya blogspot.com menjadi blogspot.co.id belum dapat diketahui hingga saat ini. Tapi katanya ada yang bilang kalau google sedang memperbaharui algoritmanya dan blogspot mulai mengikuti canonical google. Menyesuaikan domain sesuai kode negara masing-masing. Coba lihat dibawah ini terlihat pada sebuah blog dengan platform blogspot menggunakan domain .co.id dan iklan adsense hosted tidak dapat tampil atau menjadi blank.


Awalnya saya juga sempat panik dengan hal ini. Karena pas buka blog tahu-tahunya iklan adsense saya blank "aduh, ada apa ini? jangan-jangan adsense saya di banned", begitu hati saya bicara. Tapi sebelum memastikan kena banned atau tidaknya saya cek dulu dashboard adsense ternyata masih bisa dibuka dan cek email ternyata juga tidak ada surat pustus cinta dari google. Lalu saya beranggapan kalau ini pasti sedang ada gangguan. Nah, untuk itu saya lihat blog milik blogger lain ternyata memang iya blog dengan platform blogspot rata-rata iklanya tidak tampil alias blank kecuali yang adsensenya sudah non hosted.

Seterusnya saya juga jalan-jalan ke forum IAPD (Indonesian Adsense Publisher Discussion), ternyata disana juga lagi-lagi hebohnya akan hal ini. Akhirnya rasa penasaran saya sudah terjawab. Dan sekarang berharap saja semoga iklan adsense dengan domain hosted bisa tampil kembali. Jangan sampai ada pernyataan kalau sekarang adsense hosted harus wajib di upgrade ke non hosted supaya iklanya tampil. Semoga saja tidak begitu, karena upgrade ke non hosted itu susahnya setengah mati. Sudah beribu-ribu kali coba selalu gagal. Untuk itu berharap agar hal ini kembali normal dengan tampilnya iklan adsense diblog kembali.

Tips agar bisa kembali ke blogspot.com dan iklan adsense bisa tampil kembali
Tambahkan kode berikut pada template anda, tepatnya dibawah kode <head>.

<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf(&#39;.com/&#39;))==&#39;-1&#39;) { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(&quot;.blogspot.&quot;)); if (str1.indexOf(&#39;/&#39;)==&#39;-1&#39;) { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf(&#39;/&#39;)+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,&#39;.blogspot.com/ncr/&#39;); } </script>

Caranya, masuk ke dashboard blogger anda - pilih template - edit html. Kemudian cari kode <head> gunakan ctrl+f untuk mempermudah pencarian. Setelah ketemu, salin kode diatas sebelum kode <head> kemudian simpan template.

Sekarang blogspot anda sudah kembali ke blogspot.com dan bisa menampilkan iklan kembali. Tapi apakah hal itu melanggar TOS atau tidaknya sejauh ini saya belum tahu. Tapi meskipun begitu banyak juga blogger lain yang menerapkannya termasuk saya sendiri.
Tag : Tips Blog
18 Komentar untuk "Kini Blogspot Berubah Menjadi .co.id Cara Mengatasinya"

iya mas saya juga sama sampai-sampai saya menulis artikel pendek tentang curhatan akibat hilangnya adsense di semua blogsaya. mudah2an bukan karena minta putus cinta dari si embah

Semoga saja mas, berharap agar iklan adsense tampil kembali dengan domain baru ini dan google menganggapnya sebagai situs mitra host kembali.

saya juga cukup kaget ketika blog saya domainnya berubah ke blogspot.co.id

makasih infonya gan.. di tunggu info selanjutnya :D

Masih belum berani buat nambahin kode macam2 dulu neh gan...
menunggu kejelasan dari pihak si Mbah aja dolo.. :)
Thanks buat info nya..

saya malah baru tau skg, apakah di serp juga pengaruh ya .....

Disini sudah diterapkan kodenya gan, tapi sobat-sobat jgn asal ikut2an aja yaa, sbb keputusan akhir dari atasan belum jelas tentang cara ini. Jadi resiko dari memasang script tersebut tanggung sendiri.

Ya begitulah gan. Semua pada heboh dengan perubahan ini apalagi pas dilihat iklan adsensenya blank.

Sampai kapan harus menunggu. Belum ada kepastian gan. Jika agan berstatus sebagai publisher adsense berarti penghasilanya tetap nol donk. Untuk itu mendingan redirect aja kembali ke blogspot.com biar iklannya muncul. Banyak kok blogger lain yang melakukan ini. Selama ini aman-aman saja.

Sip gan. Disini juga sudah diterapkan kodenya.

Terima kasih, Iklan saya akhirnya muncul lagi, namun untuk yg versi mobile masih tetap tidak muncul, mohon bantuannya

Coba ulangi cara diatas, kodenya sudah saya perbaiki.

Berarti punya saya non hosted ya mas :D, sebab iklannya tetap tampil

Kalau sekarang memang sudah bisa muncul iklannya mas. Karena google telah membatalkan redirect ke .co.id sehingga menjadi .com lagi. Untuk mengetahui jenis hosted atau non hostednya dapat dilihat pada dashboard adsense.

gan makasih infonya, tapi kenapa blog agan masih dengan co.id?

Ya sama2 gan, blog saya masih blogspot.co.id karena sudah bisa menampilkan iklan hosted pada domain tsb klu dulu kan belum, jd mesti dirubah dulu ke blogspot.com

Back To Top