Blog, Web, Internet dan Bisnis Online

Meningkatkan Pelanggan Dengan Spam Marketing


Berbagai teknik marketing telah dimulai dari terdahulu. Dan salah satunya adalah spam. Spam termasuk salah satu teknik marketing kuno yang telah dipakai pertama kali oleh seorang dokter gigi. Dengan menggunakan telegram ia megiklankan jasa miliknya ke sembarang alamat. Namun, beberapa orang menjadi marah karena hal ini hingga banyak orang yang kemudian menuliskannya di beberapa media local tentang teknik licik ini, tetapi hal ini justru membuat teknik marketing ini semakin popular.

Di zaman modern saat ini, tentunya tidak lagi telegram. Tetapi melalui email. Nah orang pertama yang memulai hal ini adalah Gary Thuerk pada tahun 1978. Ia adalah seorang marketing manager dari digital equipment corporation’s yang mengirimkan email spam tentang suatu iklan produk terbaru DEX computer kepada 393 orang di dunia. Namun hal ini termasuk salah satu cara marketing yang sukses pada saat di interview oleh wall street jurnal. Karena sebanyak 20 orang datang dan membeli produk yang diiklankan tersebut. Dan sejak hal tersebutlah Gary diberi gelar nenek moyangnya spammer atau father of spam.

Banyak keuntungan menggunakan kecanggihan media teknologi saat ini. termasuk dalam hal marketing karena dengan satu media surat elektronik, iklanpromosi suatu produk dapat dikirimkan langsung kepada calon pelanggan hanya dalam hitungan detik ataupun menit. Sebanyak 15% marketing menggunakan surat elektronik ini meningkat tiap tahunnya. Email marketing seperti ini lah yang dikenal dengan spam marketing.

Selain kegunaan untuk berpromosi dari suatu produk perusahaan, pelanggan juga dapat menerima langsung informasi terbaru produk suatu perusahaan melalui email tersebut. Tetapi perlu diperhatikan juga bahwa email marketing yang baik hanya mengirimkan tidak lebih dari empat email dalam satu bulan. Karena jika lebih dari itu dapat dipastikan pelanggan akan bosan dan semakin besar kemungkinan pelanggan tidak akan membaca lagi email yang di kirimkan.

Sistem marketing yang memanfaatkan surat elektronik ini sama halnya seperti menjemput pasar ataupun menjaring pasar. Dengan email marketing seorang pengiklan harus cukup pandai untuk membuatnya menarik sehingga para pelanggan merasa perlu untuk mengenal lebih jauh kedalam website produk yang ditawarkan tersebut. Tentunya dengan menggunakan bahasa yang dapat membuat calon pelanggan penasaran hingga mencari tahu lagi kedalam website anda.

Singkatnya seperti ini, seorang pengiklan memberikan formulir untuk pengisian calon pelanggan dan menawarkan berbagai bonus bermanfaat jika mengisi yang akan dikirimkan kembali nantinya ke email calon pelanggan tersebut. Bonus seperti apa? Bisa saja berupa kursus online, newsletter maupun ebook gratis. Sehingga spam marketing menjadi potensial kedepannya dalam pemasaran dengan menjangkau pelanggan lebih cepat bahkan hanya dalam hitungan detik hingga menit.
0 Komentar untuk "Meningkatkan Pelanggan Dengan Spam Marketing"

Back To Top