Blog, Web, Internet dan Bisnis Online

Cara Menampilkan Widget / Iklan Hanya di Postingan


Bagaimana cara menampilkan witget atau iklan hanya di halaman postingan blog saja tanpa harus tampil pada halaman lain selain di postingan? misalnya witget atau iklan tidak ingin ditampilkan pada homepage, tidak ingin ditampilkan pada halaman statis, tidak ingin ditampilkan pada halaman label dan sebagainya. Jadi intinya witget atau iklan hanya akan tampil pada halaman postingan saja.

Menampilkan witget atau iklan hanya pada halaman postingan memang banyak dilakukan oleh blogger terutama untuk iklan. Mungkin sobat sendiri pernah melihat pada postingan terlihat iklan tapi ketika membuka halaman statis (daftar isi, about, contact), homepage (beranda) tidak ada iklan. Hal tersebut terjadi karena sudah disetting oleh pemilik blog dengan tujuan agar blog terlihat menjadi lebih rapi dan iklannya tidak terancam. Kenapa dikatakan terancam? biasanya pada halaman contact sangat minim konten, beberapa pengiklan seperti google adsense mungkin melarang iklan tampil di halaman sedikit konten. Jadi, biar aman iklan perlu ditampilkan hanya pada postingan saja.

Terkadang saat menampilkan iklan di bawah postingan, iklan juga ikut tampil pada semua halaman yang ada di homepage atau beranda blog. Iklan tersebut terlihat begitu banyak berjejer kebawah. Kalau tidak diatasi akibatnya mungkin anda akan dikenakan sanksi oleh pengiklan karena biasanya pengiklan seperti google adsense membatasi jumlah tampilan iklan pada setiap halaman. Jadi perlu diatasi dengan cara menampilkan iklan pada halaman postingan saja. Berikut caranya yang harus anda simak.

Cara Menampilkan Widget / Iklan Hanya di Postingan
Disini saya menganggap witget adalah beberapa kode html baik itu iklan ataupun witget lainnya yang disisipkan pada menu di Tata Letak.
Sedangkan iklan sebuah kode html yang langsung disipkan ke dalam Template sehingga iklan berada dalam artikel.
Nah, maka dari itu untuk cara menampilkan kedua element tersebut hanya pada halaman postingan ada sedikit perbedaan tapi masih menggunakan kode yang sama.
- Untuk witget kita harus mengetahui ID dari witget tersebut lalu mencarinya di Edit HTML, baru diapit menggunakan kode ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
Kode Widget / Iklan
</b:if>
- Sedangkan kode iklan yang ada dalam template kita cukup mengapit kode iklan tersebut menggunakan kode bewarna merah diatas.

1. Menampilkan witget hanya pada halaman postingan
- Ketahui dulu ID dari witget tersebut.
Caranya pergi ke menu Tata Letak > Edit Widget yang menjadi sasaran > lihat ID pada bagian URL atas di kalimat bagian akhir. Pada gambar berikut, kata yang diblog (warna biru) seperti yang ditunjuk panah adalah ID dari witget.

- Setelah ID diketahui, sekarang pergi ke menu Template > Edit HTML > cari ID witget. Sebagai contoh AdSense1.
- Jika sudah ketemu, tekan tanda panah yang sejajar dengan ID witget sebanyak 2 kali.
- Dibawah ID witget cari kode ini: <b:includable id='main'> dan tarok kode ini: <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> dibawahnya.
- Selanjutnya cari kode ini: </b:includable> dan tarok kode ini: </b:if> diatasnya.
Sehingga nanti hasilnya begini:

- Terakhir klik Simpan template.
- Selesai

2. Menampilkan Iklan Hanya di Postingan
- Langsung saja pergi ke menu Template > Edit HTML > cari kode iklan sasaran (biasanya berada dibawah/diatas kode: data:post.body).
- Kalau sudah ketemu apit semua kode iklan menggunakan kode ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
Kode Iklan
</b:if>
- Begini hasil kalau sudah diapit:
- Terakhir klik Simpan template.\
- Selesai.

Begitulah caranya menampilkan witget atau iklan khusus hanya dalam artikel/postingan saja. Sebenarnya bukan untuk iklan saja, semua element dapat disembunyikan menggunakan cara ini asalkan penempatan kodenya benar.
0 Komentar untuk "Cara Menampilkan Widget / Iklan Hanya di Postingan"

Back To Top