Blog, Web, Internet dan Bisnis Online

Memilih Niche Blog yang Bagus Untuk Google Adsense


Ketika kita ingin mendapatkan uang dengan Google Adsense dari blog, selain memperhatikan kualitas artikel dan berbagai peraturan yang ditetapkan oleh Google, kita juga perlu selektif dalam memilih niche blog. Mengapa memilih dan menentukan niche blog sangat penting? Salah satu alasannya adalah untuk meningkatkan penghasilan AdSense. Karena, tidak semua niche atau tema pembahasan, digemari atau banyak dicari, sehingga jumlah pengunjung yang datang ke blog sangat akan terpengaruh.

Misalnya, jika kamu adalah pencinta otomotif atau ahli dalam bidang otomotif, dan ingin membuat sebuah blog yang membahas tentang berbagai seluk beluk otomotif, maka kemungkinan besar kamu bisa membuat konten yang berkualitas dan update secara berkala.

Tapi, apakah niche “otomotif” cukup populer? karena apabila tidak populer, maka jumlah pengunjung yang akan membaca artikelmu tidak akan pernah sebanyak yang kamu inginkan. Akibatnya, penghasilan Adsense tidak akan pernah mencapai target.

Nah, itulah sebabnya mengapa kamu perlu menentukan dan memilih niche blog yang paling populer agar penghasilan bisa terus meningkat. Enggak harus kaku, kamu juga bisa memadukan beberapa niche dalam satu blog untuk menghasilkan jumlah traffic blog berkali-kali lipat.


Jadi, apa saja niche blog atau tema blog yang populer dan menjanjikan banyak pengunjung? Berikut daftarnya:
  1. Niche kesehatan
  2. Gadget dan teknologi. Seperti sistem operasi, software, komputer, smartphone (ponsel), dan teknologi termutakhir.
  3. Kecantikan
  4. Fashion
  5. Penyakit dan obat alternatif
  6. Diet dan berat badan
  7. Otomotif
  8. Properti (perumahan)
  9. Tutorial blog, foto editing, dan video editing.
  10. Wisata atau traveling
  11. Bisnis (offline maupun online)
  12. Tips dan trik
  13. How to
Target pengunjung
Sebagian besar pengunjung yang datang ke blog adalah orang-orang yang berasal dari non blogger. Jadi, orang-orang awam atau orang-orang yang membutuhkan informasi seputar niche tersebut merupakan target utama.

Pengunjung seperti ini biasanya datang dari mesin pencarian (Google, Yahoo, Bing, Yandek, DuckDuckGO, dan lain-lain). Selain itu, biasanya pengunjung juga datang dari sosial media seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram.

Jika melihat dari mana mereka datang, maka kita wajib memperkuat blog dengan mengoptimalkan:
  • SEO agar blog bisa nangkring di page 1
  • Share. Dengan cara meningkatkan kualitas artikel sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk membagikan artikel tersebut ke teman-temannya.
Selain dari non-blog, tentu saja pengunjung juga bisa datang dari sesama blogger. Biasanya, sesama blogger akan lebih suka mengunjungi blog sesuai dengan minat mereka.

Bahasa yang kita gunakan juga sangat berpengaruh. Menulis artikel dalam bahasa Indonesia akan membuat blog kita banyak dikunjungi oleh orang-orang Indonesia atau yang mengerti bahasa Indonesia saja. Walau pun bisa diterjemahkan ke bahasa asing, namun peluangnya sangat kecil.

Jika menggunakan bahasa Global seperti bahasa Inggris, jumlah trafik pengunjung akan jauh lebih besar dan berpeluang meningkatkan pendapatan Adsense.
Tag : Adsense
0 Komentar untuk "Memilih Niche Blog yang Bagus Untuk Google Adsense"

Back To Top