Sifat - Sifat Bahan Serat, Kelebihan dan Kekurangan

Halo teman-teman berjumpa lagi di blog gifidia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pengetahuan tentang "bahan serat". Disini akan dijelaskan pengertian bahan serat, sifat-sifat bahan serat, contoh, serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi ini untuk pelajaran sekolah, tugas ataupun untuk sekedar mengetahui apa itu bahan serat silahkan dicopy paste. Baiklah langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Bahan Serat

Bahan Serat adalah suatu jenis bahan yang berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh.

Bahan serat dibedakan menjadi 2 bagian:

A. Serat Alami

Serat alami adalah serat yang berasal dari tumbuhan maupun hewan. Beberapa contoh serat dari tumbuhan adalah dari kapas, kapuk, dan kulit batang rami. Serat kapas memiliki sifat yang lentur, lembut, serta mudah menyerap air.

Sedangkan contoh serat yang berasal dari hewan adalah wol dan sutra. Wol memiliki sifat yang mudah menyerap air, halus, dan terasa hangat saat dipakai. Kain sutra mempunyai sifat yang kuat dan sangat halus.  

Kelebihan: Lebih murah, tahan lama (kuat), tahan penyetrikaan, padat, dan lebih halus.

Kekurangan: Mudah kusut, susah mendapatkannya

B. Serat Sintetis (Serat Buatan)

Serat sintetis atau serat buatan adalah serat yang diperoleh dari bahan plastik. Serat sintetis mempunyai sifat mudah kusut, tidak nyaman dipakai, dan tidak menyerap keringat. Contoh serat sintetis yang sering digunakan untuk membuat bahan pakaian antara lain nilon dan poliester.

Kelebihan: Kuat, warna lebih beragam dan menarik, tahan gesekan dan tidak mudah robek.

Kekurangan: Harga yang lebih mahal

Sekian informasi tentang pengertian bahan serat, sifat-sifat bahan serat serta kelebihan dan kekurangannya yang dilengkapi dengan gambar.

Artikel ini diambil dari beberapa sumber yang ada di internet, jika ada kekurangan mohon kiranya untuk komen / memberi tambahan di kolom komentar agar lebih baik lagi, terima kasih.

Post a Comment for "Sifat - Sifat Bahan Serat, Kelebihan dan Kekurangan"