Ancaman Terhadap Pancasila Dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan

Keberadaan Pancasila merupakan modal utama untuk menata Indonesia di masa mendatang. Kehilangan Pancasila berarti kita akan kehilangan Indonesia. Untuk itu kita perlu menjaga Pancasila dari berbagai ancaman yang datang, baik dalam bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan.

Apa saja ancaman terhadap Pancasila? berikut di bawah ini adalah beberapa ancaman terhadap Pancasila yang perlu diketahui.

Bidang Politik


1. Munculnya pemerintahan yang otoriter

Adanya pemusatan kekuasaan di tangan pemimpin juga akan membahayakan Indonesia. Karena, dikhawatirkan pemimpin negara tidak akan ada yang mengingatkan jika terjadi penyelewengan dalam pemerintah.

2. Pemerintah yang tidak adil

Pemerintah yang tidak adil dalam artian dalam mengambil keputusan terlalu tergesa-gesa sehingga aspirasi rakyat kurang tersampaikan dan dapat menimbulkan ketidak-adilan di suatu pihak.

Bidang Ekonomi

Ancaman dalam bentuk ekonomi adalah pihak luar mencoba memainkan ekonomi Indonesia dengan berbagai cara seperti membatasi ekspor dengan syarat bermacam-macam, mengambil alih perusahaan-perusahaan inti negara, menjungkirbalikkan harga-harga, memainkan kurs valuta asing dan sebagainya. Intinya mereka berusaha agar ekonomi Indonesia jeblok sehingga mereka bisa menguasai ekonomi.

Contoh ancaman dalam didang ekonomi:

1. Kalah saing dengan pedagang asing

Kalah bersaingnya produsen dalam negeri dengan produsen luar negeri dapat menyebabkan rakyat Indonesia konsumtif dengan barang asing dan produsen dalam negeri menjadi bangkrut.

2. Korupsi

Seakan menjadi musuh utama Indonesia di bidang ekonomi, baik korupsi yang dilakukan oleh pemerintahan ataupun yang dilakukan oleh pejabat dapat merugikan banyak pihak.

Bidang Sosial dan Budaya

Pada bidang budaya, bukan main mereka memoles berbagai pertunjukan budaya, seni yang kemudian mereka pasarkan dan gembar-gemborkan memiliki nilai yang baik, penuh kemewahan sehingga bisa menyedot perhatian bangsa Indonesia yang pada akhirnya mereka akan menghipnotis dan meninabobokan untuk mengikuti budaya mereka dan meninggalkan budaya Indonesia yang luhur. 

Tujuan mereka adalah agar bangsa Indonesia bisa menjadi pelayan mereka dalam berbudaya karena Indonesia harus mengikuti setiap budaya yang mereka buat sendiri.

Contoh ancaman dalam bidang sosial dan budaya:

1. Budaya yang tidak sesuai norma yang berlaku masuk ke Indonesia

Masuknya budaya yang kurang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia merupakan ancaman bidang sosial budaya. Hal ini dapat dicegah dengan menyaring kebudayaan yang masuk.

2. Mengklaim suatu kebudayaan bangsa secara sepihak oleh bangsa lain.

Pengklaiman budaya secara sepihak oleh bangsa lain terhadap kebudayaan Indonesia termasuk suatu ancaman di bidang sosial-budaya.

Bidang pertahanan dan keamanan

 

Ancaman bidang keamanan secara fisik sebenarnya sudah bukan zamannya lagi namun demikian ancaman ini tetap harus selalu diwaspadai karena dengan teknologi yang sudah maju ini banyak negara yang berlomba-lomba mempersenjatai dengan senjata-senjata yang canggih. Indonesia yang terletak di tengah-tengah banyak negara menjadi sangat riskan terdampak bila terjadi pertempuran militer antar negara.

Contoh ancaman dalam pertahanan dan keamanan:

1. Terorisme

Adanya terorisme yang disebabkan oleh sekelompok orang dengan melakukan pengerusakan, pengeboman, dan pembunuhan terhadap masyarakat untuk keuntungan suatu kelompok tertentu.

2. Invasi militer dari bangsa lain

Invasi militer dari bangsa lain untuk sedikit demi sedikit merebut kedaulatan Negara Republik Indonesia juga termasuk ancaman yang harus dihadapi.

Post a Comment for "Ancaman Terhadap Pancasila Dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan"