Kliping Mengenal Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Salah satu fungsi akuntansi adalah menyajikan laporan-lapotan periodik untuk manajemen, pemilik, dan pihak-pihak luar perusahaan. Laporan keuangan yang dihasilkan adalah neraca dan rugi laba. Kedua bentuk laporan ini mungkin akan berbeda tiap-tiap perusahaan namun tujuannya tetap sama.

Tujuan pembuatan neraca adalah untuk menggambarkan posisi keuangan suatu organisasi pada saat tertentu, sedangkan laporan rugi laba menggambarkan hasil-hasil usaha yang telah tercapai dalam periode tertentu.


Mengenal Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Akuntansi sebagai sistem informasi adalah proses pengindentifikasian, pengukuran, serta pelaporan informasi ekonomi yang menimbulkan kemungkinan akan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh para pengguna informasi keuangan tersebut.

Dari penjelasan singkat mengenai akuntansi di atas, ada tiga hal yang dapat disimpulkan mengenai akuntansi yaitu: Masukan atau Input dari sebuah informasi ekonomi dari kegiatan transaksi yang terjadi pada sebuah perusahaan.

Masukan informasi tersebut yang kemudian dikelola melalui berbagai proses dari mulai pengidentifikasian, pengukuran dan pelaporan untuk menghasilkan yang namanya keluaran atau output, yang berupa informasi laporan keuangan. Keluaran informasi laporan keuangan inilah yang kemudian menjadi sebuah acuan dari para pimpinan perusahaan untuk mengambil keputusan.

Inilah mengapa akuntansi disebut juga sebagai bahasa bisnis, karena dengan akuntansi kita memperoleh informasi tentang keadaan suatu perusahaan yang bisa kita nilai akan tingkat keberhasilan perusahaan tersebut dalam menjalankan bisnisnya. Di lain pihak pimpinan perusahaan membutuhkan laporan akuntansi dari perusahaannya guna untuk melakukan pengambilan keputusan bisnis yang didasarkan pada informasi akuntansi.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi serta meningkatnya pengguna Internet, muncul berbagai perusahaan yang menyelenggarakan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang membuat aktivitas pengolahan data dan informasi semakin penting.

Peran akuntansi dalam sistem informasi:
  • Menyediakan laporan keuangan. Laporan keuangan berisi informasi harta perusahaan, modal, kewajiban/hutang dan informasi keuntungan/kerugian perusahaan.
  • Dasar pengambilan keputusan. Informasi akuntansi menyediakan data posisi keuangan perusahaan. Manajemen bisa mengelola bisnis dengan melihat data piutang yang harus ditagih, hutang yang harus dibayar dan hal lain untuk memaksimalkan keuntungan.
  • Penambahan modal bisnis. Badan usaha membutuhkan modal untuk menjalankan bisnisnya. Modal bisa diperoleh dari kreditur. Kreditur membutuhkan informasi akuntansi untuk melihat kinerja perusahaan.
  • Audit dan pajak. Setiap tahun perusahaan diwajibkan untuk menyetorkan laporan keuangan kepada pemerintah, untuk kepentingan pajak.

Post a Comment for "Kliping Mengenal Akuntansi Sebagai Sistem Informasi"