Cara Melakukan Handstand, Headstands, Kayang lengkap dengan Gambar

Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas beberapa keterampilan gerakan dasar senam lantai, diantaranya meliputi handstand, headstand, dan kayang. Sebelumnya perlu kita ketahui dulu apa itu senam lantai. Berikut pengertian senam lantai.


Senam lantai adalah salah satu cabang olahraga yang unsur gerakannya seperti mengguling, melenting, keseimbangan lompat, dan loncat yang dilakukan di lantai. Beberapa keterampilan senam lantai adalah handstand, headstand, kayang, sikap lilin, guling depan, dan guling belakang.

Dalam hal ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai handstand, headstand, dan kayang yang dapat bermanfaat bagi tubuh untuk meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh.

1. Handstand
Handstand adalah sikap berdiri dengan kedua telapak tangan yang menjadi tumpuan.

Cara melakukannya:
  1. Sikap permulaan berdiri tegak salah satu kaki sedikit ke depan.
  2. Bungkukan badan dengan bertumpu pada matras. Selebar bahu dengan keras, pandangan sedikit ke depan, pantat didorong setingginya, tungkai depan bengkok sedangkan tungkai belakang lurus.
  3. Ayunkan tungkai belakang ke atas, kencangkan otot perut.
  4. Kedua tungkai rapat dan lurus merupakan satu garis dengan badan dan lengan pandangan diantara tumpuan tangan, badan dijulurkan ke atas.
 
2. Headstand
Headstand adalah bentuk sikap berdiri menggunakan kepala. Sikap tegak dengan bertumpu pada kepala dan ditopang oleh kedua tangan.


Cara melakukannya:
  1. Sikap permulaan membungkuk bertumpu pada dahi dan tangan.
  2. Dahi dan tangan membentuk segitiga sama sisi.
  3. Angkat tungkal ke atas satu per satu bersamaan untuk menjaga agar badan tidak mengguling ke depan, tanggul ke depan dan punggung membusur.
  4. Berakhir pada sikap badan tegak, dan tungkai rapat lurus ke atas.

3. Kayang
Kayang adalah posisi kaki bertumpu dengan 4 titik dalam kedaan terbalik dengan meregang, mengangkat perut ke punggung. Nilai daripada gerakan kayang yaitu dengan meyempatkan kaki lebih tinggi. Memberikan tekanan pada bahu dan sedikit pada punggung. Manfaat gerakan kayang adalah untuk melenturkan bahu. 


Cara melakukannya:
  1. Sikap permulaan berdiri kedua tanganmenumpu pada pinggul.
  2. Kedua kaki ditekuk, siku tangan ditekuk, kepala dilipat ke belakang.
  3. Kedua tangan diputar sebagai tumpuan.
  4. Posisi badan melengkung bagai busur.
Itulah beberapa pembahasan kita pada postingan kali ini mengenai pengertian handstand, headstands, kayang, dan cara melakukannya lengkap dengan gambarnya. Untuk pembahasan senam lantai lainnya seperti sikap lilin, guling depan, dan guling belakang juga akan dibahasa pada postingan selanjutnya.

Post a Comment for "Cara Melakukan Handstand, Headstands, Kayang lengkap dengan Gambar"